Saturday, June 23, 2007

Keras Kepala

Bu Indri terpaksa turun tangan menyelaraskan beberapa program yang tak kunjung selesai. Mas Andhar yang sudah sering stress, kembali bisa tersenyum ketika melihat pokok-pokok pikiran yang telah mulai tersusun, setelah Bu Indri mengambil alih beberapa penyusunan latar belakang dan rasionalisasi pengembangan program. Aku mendapat tugas untuk melakukan nurturing pengembangan program pemberdayaan institusi.
Setelah membaca ringkasan permasalahan yang telah dikembangkan oleh Bu Indri, mestinya sih program-program yang telah dikemas secara apik itu bisa come-up dengan mekanisme dan rancangan yang apik. Namun, tidak!
Dik Endang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan program itu masih saja terus percaya dengan apa yang dalam kepalanya itu, walaupun secara sporadis dan kolektif, beberapa pendamping pengembang telah menyatakan bahwa apa yang ditulisnya itu salah. Jadi, tadi, sekitar jam 18:00, edisi ke-sekian dari pengembangan program pemberdayaan institusi masuk ke mejaku. Dan, duh!, masih tidak berubah. Jadi, sia-sialah apa yang telah dilakukan oleh Bu Indri yang aku tahu tadi malam tidak tidur sekejappun. Apa yang ada di kepala Dik Endang? Tidak ada yang tahu. Keras kepala.

No comments: