Thursday, June 21, 2007

Teamwork

Sebuah kerja tengah dilakukan. Kerja besar. Untuk itu, proposal besar tengah dipersiapkan. Setiap personil yang terlibat, berusaha untuk memberikan yang terbaik dari dirinya. Tidak ada pertanyaan lagi, sebuah komitmen merupakan sebuah keniscayaan.
Tim penulis proposal telah dibentuk. Program besar dalam ranah komunikasi telah disepakati. Beres!
Sosialisasi ke seluruh jajaran eksekutif telah dilakukan. Tim malah telah berhasil menarik WB untuk turun gunung dan memimpin proses penulisan proposal secara formal. Beres!
Namun tidak disangka-sangka, aku melihat potensi destruksi dari sisi yang sama sekali tidak kuduga, teman sendiri. Sebuah tanggung jawab moral lantas dipertanyakan. Pak Maman secara sporadis mengusulkan agar proses pembuatan proposal di-drop saja. Sebaliknya, Bu Indri yang selalu berbicara lembut, masih optimis. Sebuah unit, unit Trans-Light, yang diidentifikasi sebagai penyebab demotivasi anggota penyusun proposal, menjadi bulan-bulanan. Tidak bisa disangkal, memang, bahwa komoditas etika yang satu ini, komitmen, selalu menjadi primadona dalam proses yang melibatkan aktivitas lintas-unit.

teamwork
definition: work done by several associates with each doing a part but all subordinating personal prominence to the efficiency of the whole :: Mirriam-WebsterOn-line

No comments: