Tuesday, November 15, 2005

Catatan Hati

  • Desa (Suka Hardjana) :: Apa yang kita pahami bila kita mendengar kata desa? Tempat tinggal orang-orang yang tidak hidup di dalam kota. Desa adalah suatu tempat atau lokus yang ada di luar batas kota. Tempat tinggal orang kota disebut kampung.” Begitu kata penasihat intelektual saya, Kang Entong, yang baru saja lulus sarjana Fisipol dari sebuah universitas bergengsi di Indonesia."
  • Miskin (Yudhistira ANM Massardi) :: MESKIPUN dana kompensasi BBM hanya untuk kaum miskin, banyak yang tidak miskin ambil bagian. Di Gorontalo, seorang ibu datang ke kantor pos naik taksi untuk ambil jatah, dan aparat kelurahan memungli sekitar Rp 50.000 dari seorang miskin.
  • Begundal (Iwan Qodar Himawan) :: SAYA berada sekitar 8.000 kilometer dari Bali, ketika CNN memuat kabar mengejutkan: bom meledak di Jimbaran dan Kuta, paling sedikit dua orang terbunuh. Makin lama, jumlah korban terus bertambah. Di saluran berita lain, BBC dan Sky News, gambar bom Jimbaran, plus rekaman amatir suasana menjelang ledakan, terus diulang-ulang. Juga di TV berbahasa Arab.
  • Bali (Widi Yarmanto) :: BERITA bom Bali pekan lalu itu saya dengar pas nungguin istri pasca-operasi klep jantung di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta. ''Coba lihat Metro TV,'' kata seorang rekan lewat telepon. Benar. Teror bom kembali mengusik Bali.

No comments: